Home Pendidikan PPDB dan MPLS Virtual di Hari Pertama Masuk Sekolah saat Pandemi COVID-19 di SMPN 2 Kertosono

PPDB dan MPLS Virtual di Hari Pertama Masuk Sekolah saat Pandemi COVID-19 di SMPN 2 Kertosono

SHARE
PPDB dan MPLS Virtual di Hari Pertama Masuk Sekolah saat Pandemi COVID-19 di SMPN 2 Kertosono

Keterangan Gambar : Hari Pertama Masuk Sekolah saat Pandemi COVID-19 di SMPN 2 Kertosono

mediaMERAHPUTIH.com - NGANJUK - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah serta Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), dari proses pendaftaran, seleksi hingga pengumuman hasil seleksi berbasis waktu nyata melalui Internet atau MPLS tahun ajaran baru dari tanggal 17 Juni sampai 5 juli 2021 di SMPN 2 Kertosono terpaksa dilakukan secara virtual. Pandemi COVID-19 atau Corona yang belum juga mereda menyebabkan murid baru tahun ini hingga membuka 4 jalur prestasi yakni jalur prestasi, jalur anfirmasi, jalur perpindahan orang tua dan jalur zonasi.

Pada jalur prestasi dibagi 2 misalnya, dari rerata 4 mapel dan perlombaan PPDB tahun ini SMPN 2 Kertosono membuka kuota pagu sebanyak 288 siswa yang dibagi menjadi 9 rombel. Dan pengenal lingkungan sekolah baru pun dilakukan secara virtual. Meski tak bertatap muka secara langsung, namun penerimaan murid baru yang hari ini menjalani MPLS terlihat semangat. Menggunakan piranti seperti Smartphone mau pun Laptop nampak antusias mengikuti setiap sesi MPLS.

Kepala Sekolah SMPN 2 Kertosono Tri Wahyudi S.PD M.Pd bahkan turut mengisi MPLS. Pria yang akrab disapa Pak Tri ini mewakili para orang tua/wali murid dalam MPLS dan serah terima siswa ke pihak sekolah SMPN 2 Kertosono

Kepada para siswa baru dia berpesan agar membiasakan diri berorganisasi, baik melalui OSIS maupun kegiatan ekstrakulikuler, sebagai tempat menempa karakter. Melalui organisasi sekaligus menjadi pelengkap bagi pendidikan formal yang telah didapatkan di kelas sekolah.

"Dari kegiatan ini bisa membawa dan bisa manfaatkan waktu masa muda dengan kegiatan yang positif. Jangan memakai Narkoba, Miras, dan segala macam bentuk kegiatan negatif lainnya. Gelora semangat jiwa muda harus disalurkan ke hal-hal yang positif, misalnya melalui berorganisasi. Selain bisa menambah pengalaman, juga bisa memperkuat jaringan persahabatan yang kelak akan membantu anak-anaku sekalian mengarungi kehidupan di masa mendatang khususnya di SMPN 2 Kertosono," kata Pak Tri.

Di sisi lain Wakasek kesiswaan Budi S. Dermawan juga memberikan pesan kepada siswa-siswi SMPN 2 Kertosono dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS . Dia berpesan agar para pelajar menyiapkan tangga untuk meraih cita-cita setinggi langit.

"Bangun cita-cita itu, siapkan tangga untuk menggapai cita-cita dan kejarlah prestasimu. Kalau anak-anak menyiapkan tangga untuk mencapai cita-cita, pasti tidak akan ada waktu yang terbuang. Apa lagi waktu yang kemudian itu merugikan, semoga Pademi Covid 19 ini berakhir dan pembelajaran tatap muka bisa dilaksanakan dan siswa bisa berekspresi dan berkreasi," kata Wakasek, Sabtu (17/7/2021). (Naryo/Kus)